Tuesday, February 9, 2010

Galih Eko Satrio 0911511517

Jawaban tugas wordpress (09-02-2010)

Galih Eko Satrio, Nim : 0911511517

1. Start>All Program>Pilih MySQL-Front, Setelah itu akan muncul layar atau tampilan menu open session dan pilih root,maka akan tampil tampilan sebagai berikut:



Lalu pilih atau klik Database>New>>Database dan buat database dengan Nim anda.
(Contoh :0911511517) Dan minimize window MySQL-Front.

2. Setelah itu anda buka ftp://192.168.100.7/Dosen/humisar/Rekayasa%20Web/ pada Run, lalu copy file>extract file worpress-2.6.zip dan maka akan tampil isi dari file worpress-2.6.zip yaitu folderbernama Wordpress.
Kemudian anada buka Browser anda contoh Internet Explorer dari apad address ini dengan localhost seperti gambar berikut:

Lalu anda cari file database yang tadi telah anda buat pada MySQL-Front, contoh tadi adalah ,jika ada maka database yang tadi dibuat akan dapat dipakai untuk pembutan wordpress. Lalu buka folder Wordpress yang ada pada localhost maka akan tampil tampilan seperti ini :

Jika sudah muncul tampilan seperti di atas lalu anda klik Tombol atau Icon Creat a Configuration File hingga akhirnya muncul tampilan seperti ini:

Setelah muncul tampilan seperti di atas Klik Tombol atau Icon Let’s go! Hingga kemudian akan tampil sebuah tampilan yang mencantumkan biodata anda seperti ini:

Isi pada Databese Name : 0911511517, User Name : Praktek, Pasword : Mahasiswa, Database Host : localhost, Table Profile, Table Prefix : wp_. Lalu Klik Submit.

Apa bila berhasil, Klik Run the Install.

Isi Blog Title : Galih Eko Satrio dan Your E-Mail : RyousukeIkada@gmail.com, lalu cek list pada perintah Allow my blog to appear in search engines like Google and Technorati. Klik Install Wordpres hingga muncul tampilan :

Ingat atau catat Username dan Password yang tercetak pada halaman tersebut lalu Klik Log In, hingga tampilan selanjutnya muncul seperti ini:


Isilah Username : admin dan Password DmwW*^0pCdIj, lalu Cek List pada Remember Me dan Klik Log In hingga tampilan ini muncul:


Maka selesailah kita dalam pembuatan Blog

3. Langkah-langkah dalam installasi tempat baru adalah sebagai berikut:

Buka menu Desaign>Them Editor, Maka akan muncul tampilan: Untuk menambah template baru, kita hanya diperintahkan untuk mendownload template dan menaruh folder tersebut pada folder wordpress\\wp-content\\themes,dan secara otomatios akan tampil pada menu them,seperti pada gambar berikut:

4. Langkah-langkah instal plug’in dan aktifkan sebagai berikut: Pilih menu plugin pada dashboard dan klik lalu pilih palugin yang di inginkan contoh Hallo Dolly dengan cara cel list pada menu hello dolly lalu active.

5. Langkah-langkah membuat kategori baru adalah:

Pilih menu link>link categoris>lalu isi link category name>isi link cetegory slug>isi Description>kemudian Add Category.

6. Langkah-langkah membuat postingan baru adalah:
Pilih menu Post>Add New>Isi Judul Topik>Isi Pesan>Lalu Publish.


7. Langkah-langkah membuat page baru adalah: Pilih menu Pages>Add New>Isi Judul Halaman>Isi Halaman>Lalu Publish.

8. Langkah-langkah mengetur widget pada worpres.
Pilih menu Appearance>Widgets>Pilih salah satu pada halaman Available Widgets lalu drag and drop salah satu pilihan tersebut ke Sidebar 1 (Contoh : Calender>Drag and Drop ke Sidebar 1>Tulis tema tanggal tersebut dan > Save)

9. Tulis fungsi dari template pada plugin memperindah tampilan dari blog yang kita punya sedangkan plugin adalah untuk pelengkap blog yang kita miliki:

10. Tulis perbedaan postingan dengan page
adalah jika postingan langsung dapat di tampilkan isinya sedangkan page tidak.


L;l;




No comments:

Post a Comment